Minyak Zaitun Efektif Atasi Beberapa Penyakit Ini

Discussion in 'Health & Beauty' started by Achmad Try, Nov 14, 2017 at 1:53 PM.

Tags:
  1. Achmad Try

    Achmad Try Active Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Gender:
    Male
    Occupation:
    Jawa Barat
    Location:
    Indonesia
    Diet Mediterania disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di dunia. Salah satu alasannya adalah karena mereka biasa menggunakan minyak zaitun di berbagai masakan. Minyak zaitun digunakan dalam salad, pasta, ikan dan bahkan hampir semua makanan Mediterania. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tidak diragukan lagi.

    Mengganti mentega yang tidak sehat dan minyak tidak sehat dengan minyak zaitun terbukti efektif dalam mencegah berbagai penyakit dan menghambat efek penuaan. Manfaat minyak zaitun sangat luas, mulai dari mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, memperkuat sistem kekebalan tubuh, untuk menjaga kepadatan tulang.

    Penyakit Yang Bisa Dicegah secara Efektif

    Kanker

    Fitonutrien dalam minyak zaitun, oleocanthal, memiliki efek mirip ibuprofen dalam mengurangi peradangan dan mengurangi risiko kanker payudara. Senyawa squalene dan lignan dalam minyak zaitun juga sedang diselidiki karena potensi khasiatnya untuk mencegah kanker.

    Penyakit jantung

    Minyak zaitun menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL "jahat", serta kadar trigliserida. Dan pada saat yang sama tidak mengubah kolesterol HDL "baik" (sebenarnya bisa meningkatkannya), yang berperan dalam mencegah pembentukan timbunan lemak di pembuluh darah jantung.

    Diabetes

    Diet mediterranean adalah cara yang paling efektif untuk mencegah diabetes. Diet ini menggunakan banyak minyak zaitun, sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan rendah lemak jenuh. Ini membantu mengurangi kadar lipoprotein sekaligus mengendalikan kadar gula darah serta meningkatkan kepekaan terhadap insulin.

    Rematik

    Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet kaya minyak zaitun lebih efektif dalam mencegah arthritis rematik.

    Osteoporosis

    Konsumsi minyak zaitun rutin sepertinya mampu memperbaiki proses mineralisasi dan pengerasan tulang. Ini membantu penyerapan kalsium dan berperan penting dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Suplemen minyak zaitun ditemukan memiliki efek positif dalam menjaga kepadatan tulang. Meski bukan satu-satunya solusi untuk osteoporosis, minyak zaitun bisa menjadi kandidat untuk dimasukkan dalam pengobatan osteoporosis.

    Serangan Stroke

    Orang tua yang rutin mengonsumsi minyak zaitun setiap hari bisa melindungi dirinya dari stroke. Hal ini dibuktikan dalam studi Perancis yang diterbitkan di Neurology. Hasilnya selama 5 tahun menunjukkan bahwa mereka yang sehari-hari menggunakan minyak zaitun dalam memasak memiliki risiko 41 persen lebih rendah mengalami stroke.

    Penyakit Alzheimer

    Sejumlah penelitian, termasuk sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Chemical Neuroscience, mengungkapkan manfaat potensial minyak zaitun untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh penuaan. Polifenol minyak zaitun dikenal sebagai antioksidan kuat untuk membalikkan kerusakan oksidatif yang terjadi pada proses penuaan.

    Dengan banyaknya manfaat minyak zaitun, tidak mengherankan jika minyak zaitun telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Bagaimana dengan kamu? Cobalah untuk mulai memasukkan minyak zaitun ke dalam masakan sehari-hari Anda untuk mencicipi khasiatnya sendiri.
     


Artikel Sponsor

loading...

Loading...

Share This Page