20 Ide Bisnis Dari Internet

Discussion in 'Bisnis Online' started by Wahyu Chanyo, Sep 29, 2017.

  1. Wahyu Chanyo

    Wahyu Chanyo Member

    Joined:
    Sep 23, 2017
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Gender:
    Male
    Paska krisis moneter Indonesia tahun 1998, Perekonomian Indonesia harus kembali ke titik nadir dan berjibaku mengembalikan kondisi ekonomi bangsa yang hancur lebur. Jika dianalisis lebih dalam, ketika era orde baru, kita masyarakat terlalu dimanjakan oleh pemerintah dalam hal ekonomi.



    Pertumbuhan bisnis / pengusaha di era tersebut sangat jauh dari ideal, di mana sebagian masyarakatnya adalah petani atau pegawai. Padahal sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maju, dan bukan cuma maju namun tangguh dalam ekonomi manakala jumlah pengusaha dan usahanya sudah cukup untuk memenuhi pertumbuhan ekonomi negara.

    Bahkan saat ini jumlah pengusaha negara ini di kisaran 1,5 % saja dari total keseluruhan jumlah penduduk. Artinya ini masih setengah dari ideal yaitu 3% dari jumlah penduduk.

    Mari coba kita bandingkan dengan tetangga-tetangga Indonesia

    Indonesia 1.65%

    Malaysia 2,1%

    Singapura 7%,

    Thailand 3 %,

    Perubahan akan cara pandang tentang mencari uang sekarang sudah tidak lagi pada kegiatan-kegiatan fisik.

    Ada dua jenis bisnis jika dilihat dari wadah di mana kita berbisnis,

    Bisnis offline,

    Bisnis Online,

    Bisnis offline adalah sebuah bisnis konvensional, memiliki barang real kemudian menjualnya. Misalnya toko bangunan, di dalam toko tersebut terdapat bahan-bahan bangunan yang dijual secara offline.

    Itu contoh bisnis offline, tentu masih banyak yang lain..

    Kini generasi muda indonesia sudah mulai termotivasi berbisnis, baik bisnis online dan offline. Dan perlu digaris bawahi, kini banyak sekali karyawan yang menyempatkan waktunya untuk memulai menghasilkan peluang dari peluang bisnis online.

    Namun,

    Meskipun kebanyakan ingin menjadi pengusaha sukses, setelah tahu resiko dan tantangan dalam bisnis, mereka lebih memilih menjadi karyawan atau pegawai kantoran saja yang sudah jelas tidak ada resiko berarti.

    Oke,

    Dalam artikel ini, saya ingin membantu kamu dalam mendapatkan ide-ide bisnis online yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita semua, dan saya coba sertakan contoh dari keberhasilan mereka para pelaku bisnis online.

    Artikel ini mengulas dengan lengkap tentang ide bisnis online, dan saya juga sudah mengulas lengkap tentang ide pekerjaan sampingan untuk karyawan sibuk. Jika kamu seorang karyawan yang sedang mencari ide pekerjaan sampingan, ini adalah artikel yang saya buat lengkap.

    ide wirausaha sampingan
    Pekerjaan paruh waktu online
    Ini adalah artikel tentang 28 Peluang Ide Bisnis Online Sampingan Untuk Karyawan yang bisa Anda coba

    1. Ide Bisnis Online Karyawan

    #1. Menjual Produk/ Jasa secara online

    Kamu bisa jual beli melalui akun media sosial

    Banyak sekali yang sukses dalam bisnis ini, modal tidak besar karena tidak membutuhkan real toko yang harus kita sewa puluhan juta, bahkan jika menggunakan sistem dropship tidak membutuhkan modal produk. Cukup pilih produk berkualitas, dan belajar promosi online melalui media sosial.

    Buat fanspage, atau akun yang khusus untuk jualan kamu…

    Bisa facebook.com,

    Bisa Instagram,

    Bisa Line,,dan lainya…

    Contoh bisnis yang sukses melalui media sosial Instagram adalah vanilla hijab, dengan penjualan lebih dari 3.000 pic kerudung perhari dengan menggunakan instagram ….,

    Mereka memiliki jutaan folowers di instagram yang tertarget…

    Kamu juga bisa Jualan di toko online kamu sendiri..

    Banyak media sosial yang menyediakan halaman khusus untuk jual beli online, misalnya facebook. Kamu bisa mengisi page layaknya toko online profesional.

    Kelebihan ;

    Modal kecil,

    Bisa menarget pasar,

    Promosi yang mudah bisa melalui facebook ads atau google adwords..

    Jika ingin bisnis online dengan menjual produk, lalu apa yang akan dijual…?

    Contoh yang sedang trend adalah hijab, fashion, elektronik. Tentukan produk yang akan kamu jual, Kamu tidak perlu memiliki pabrik, atau sibuk membuat produk, cukup cari supplier/ vendor produk kamu, ajak kerja sama, tentukan sistem penjualan.

    Bisa berupa sistem Dropship, kamu tidak perlu menyetok barang, supplier yang akan langsung mengirimkan barang pesanan kepada pembeli atas nama toko online kamu.

    Sistem ini butuh kemampuan dalam memasarkan produk, sistem ini juga dikenal dengan reseller, bedanya jika reseller kita menyetok barang.

    Meskipun sistem ini memungkinkan kamu tidak mengeluarkan modal sepeserpun, namun sistem dropship memiliki kelemahan, diantaranya ;

    Margin keuntungan kecil karena sudah melewati beberapa agen.

    Tidak mengetahui barang yang kita jual dan tidak bisa melakukan pemeriksaan stok dan kualitas barang.

    Saran jika ingin menjadi Dropshiper, coba kamu beli terlebih dahulu barang yang akan kamu dropship, lihat kualitasnya. Jual produk yang memang mudah dipromosikan baik melalui sosmed atau melalui toko online kamu, misalnya hijab, atau fashion.

    Ingin belajar membuat toko online ? klik di sini

    #2. Menjual Produk di Marketplace

    Pernah mendengar marketpalce, sebuah tempat yang disediakan khusus untuk jual beli produk secara online.

    Salah satu contohnya adalah ratakan.com

    Jika kamu memiliki produk digital misalnya e-book, atau aplikasi dalam bentuk lain, kamu bisa menjualnya di ratakan.com

    Marketplace merupakan suatu tempat di internet, di mana akan banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli secara online.

    Perkembangan marketpalace sangat luar biasa 5 tahun terakhir ini, bahkan salah satu marketplace OLX kini telah diakuisisi oleh raksaksa alibaba.com.

    Kelebihan menjual di marketplace salah satunya adalah karena lalulintas trafik pengunjung yang memang sedang mencari barang untuk dibeli atau dijual. Layaknya sebuah pasar.

    Banyak sekali marketplace yang sudah dimanfaatkan oleh penjual produk tanah air dan mempunyai reputasi baik dan dikenal luas oleh pebisnis online di tanah air untuk transaksi dalam dan luar negeri antara lain ; Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, eBay (internasional).

    #3. Bisnis online di website / situs milik sendiri

    Jenis ini adalah tingkat lanjut dari model bisnis online yang pertama. Jika bisnis kamu berkembang pesat, dan ingin lebih mengembangkan produk dan branding produk kamu maka kamu membutuhkan situs atau website.

    Yaitu Toko online pribadi khusus brand produk kamu

    Tingkatan menjual dalam bisnis online adalah ;

    Menjual melalui media sosial (tanpa modal) => menjual melalui marketplace (modal kecil)=> menjual melalui website pribadi (modal teknik membuat website).

    Itu tahapanya, dari tidak memiliki modal sampai memiliki toko online sendiri. Membuat web / situs sendiri membuat brand produk anda menjadi baik.

    Keuntunganya bisnis online dengan website sendiri adalah ;

    Bisnis penjualan online Anda akan semakin profesional meningkatkan trush.

    Mengangkat brand produk sendiri.

    Jika kamu kesulitan membangun toko online yang benar-benar profesional shopify.co.id, webraktis.com, dan juga sirclo.com memberikan solusi dalam pembuatan toko online.

    #4. Bisnis online afiliasi

    Bisnis online ini akan membutuhkan situs nice dengan trafik tinggi, jika kamu ingin membuat website / blog yang bertujuan untuk bisnis afiliasi. Tulis setiap artikel dengan teknik memberikan informasi sekaligus menawarkan solusi.

    Istilahnya adalah afiliasi marketing, memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Ketika ada yang membeli produk dari link afiliasi anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi yang didapat tergantung ketentuan perusahaan masing-masing.

    Model bisnis afiliasi memiliki 3 tahapan utama ;

    Pertama, Anda selaku pemilik website melakukan registrasi ke penyedia program afiliasi, penyedia program afiliasi ini juga memiliki website yang mempunyai produk dan dijual secara online.

    Kedua, jika kamu dan website kamu disetujui, kamu akan mendapatkan kode afiliasi dari penyedia program, dan kode tersebut bisa dipasang di website yang biasanya bisa berupa banner iklan atau link yang bisa kamu pasang di artikel.

    Ketiga, jika pengunjung website kamu membeli produk dari link referensi di website kamu, maka Kamu akan mendapatkan komisi yang otomatis ditambahkan dalam saldo di akun afiliasi kamu.

    #5. Bisnis online dengan membuka kursus digital

    Kursus tidak hanya dilakukan secara offline, kamu juga bisa melakukanya secara online. Kita bisa menuangkan ilmu yang kita miliki dalam bentuk ebook, rekaman audio dan video. Kamu bisa jual itu semua dalam kursus digital.

    Pasaran sangat baik, umumnya sangat laku di pasaran jika dikemas dan disajikan dengan menarik, bermanfaat, dan merupakan ilmu yang susah didapatkan. Contohnya seri panduan belajar piano dalam bentuk video, atau ebook lengkap berisi latihan apa saja yang harus dilakukan oleh pemain piano pemula.

    Kursus digital kini semakin dicari, karena semakin sibuknya masyarakat untuk sekedar melakukan kursus offline. Ini adalah peluang bisnis online bagi kamu yang ahli dalam bidang tertentu dan ingin menjual jasa dengan mengajarkanya kepada orang lain.

    Bagaimana cara membuka kursus online digital ?

    Buat produk ebook atau audio video kamu, lalu masuk pada situs-situs penyedia layanan untuk menjual produk kamu, ingat buat konten kamu berseri jika memang ada tahapan-tahapanya, atau buat konten panduan kamu lengkap dari a-z.

    Kamu bisa mendaftar di ratakan.com, clickbank.com, guides.co, atau menjualnya di blog/ website sendiri.

    #6. Ide bisnis online dengan membuat website eksklusif

    Masih seperti kursus digital, jika kamu menuangkan ilmu-ilmu kamu dalam website / blog berupa panduan lengkap, maka kamu bisa membuat sebuah website / blog eksklusif, dimana setiap anggota bisa mendaftar menjadi anggota preminum untuk mendapatkan akses dan mendapat panduan di website secara lengkap.

    Kunci bisnis online ini adalah konten website kamu benar-benar bermanfaat bagi pembaca dan diulas oleh yang benar-benar ahli dibidangnya.

    Jika kamu berminat, caranya buat blog / situs dengan platform wordpress.org, buat konten dengan lengkap pada bidangnya dan oleh ahlinya, instal Plugin member.wishlistproducts.com (berbayar) atau s2member.com (gratis).

    Konsep model mekanisme website keanggotaan bisa kamu contoh dari website ;

    SmartInsights,

    WPSites.com

    StackThatMoney,

    #7. Bisnis online dengan menjadi penjual domain

    Pertama, kamu harus berburu nama domain. Beli sebanyak-banyaknya nama domain yang unik lalu jual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

    Jual beli domain banyak dilakukan di situs-situs forum, seperti ;

    ads.id,

    forumsdigitalpoint.com.

    Bagaimana konsep transaksinya?

    Domain yang sudah kamu koleksi kemudian kamu pasarkan nama domain tersebut dengan sistem lelang. Nama domain yang bagus bisa dihargai mulai dari $500 sampai $100,000 bahkan lebih.

    #8. bisnis online dengan menjadi Youtuber

    Youtube sejak peluncuran pertamanya tahun 2005 sampai sekarang menunjukan grafik perkembangan yang luarbiasa, yang paling pupuler, youtube digunakan sebagai media mempopulerkan diri sebagai ajang menuju dunia selebritis. Bukan seperti artis film dan sinetron saja, Youtube bisa dilakukan oleh semua kalangan, istilahnya seorang youtuber.

    Darimana youtuber mendapat penghasilan?

    Google Adsense, ya mereka mendapatkan penghasilan salah satunya dengan periklanan google tersebut.

    Buat konten video yang berkualitas dan bermutu, lalu monetize video kamu dengan periklanan google adsense.

    Selain google adsense untuk mendapatkan uang, youtuber juga bisa melakukan endors terhadap produk/ brand ternama, ini bisa dilakukan ketika kamu sudah populer dyang ditandai dengan banyaknya subscribe chenel yotube kamu.

    Contoh youtuber tersukses saat ini adalah PewDiePie. Bernama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg asal Swedia, tercatat telah menembus 6,65 miliar total penonton dengan 32 juta subscribers. Ia mendapatkan ketenarannya melalui pembuatan video yang memperlihatkan dirinya sedang bermain game dan memberikan komentar-komentar lucu mengenai game tersebut.

    Kjelberg telah memecahkan beberapa rekor Youtube seperti misalnya loncatan subscribers dari 12 juta pada Agustus tahun 2013 menjadi lebih dari 20 juta pada Januari 2014.

    Dalam negeri, misalnya Raditiya Dika, atau anak pertama presiden JOKOWI, Kaesang Pangarep.

    Ingin serius belajar menjadi youtuber sukses dengan tujuan menghasilkan uang, beli e-book rahasianya di sini

    #9. Bisnis online dengan menjual produk software

    Ini peluang untuk para programer, menciptakan sebuah sofware aplikasi, kemudian menjualnya. dikenal dengan nama SaaS (Software as a Service).

    Contoh yang sukses saat ini adalah Slack sebuah situs layanan chatting dengan nilai perusahaan senilai $2.8 triliun di tahun 2015.

    Sasaranya adalah para pengguna ponsel genggam smartphone. Bisa berupa game untuk dimainkan di perangkat smartphone.

    Pembuatannya terbilang mudah, Anda tinggal membeli template dari sebuah aplikasi, lakukan sedikit perubahan pada teks atau desainnya. Proses tersebut disebut dengan re-skinning.

    #10. Bisnis online dengan menjual plugin dan template WordPress

    Sampai dengan tahun 2015, terhitung ada lebih dari 74.652.00 situs berbasis WordPress. Ada 29.000 plugin WordPress bertambah setiap harinta. Para programmer benar-benar memanfatkan peluang dan keahlianya dengan baik.

    Contoh pengembang plugin dan template wordpress adalah codecanyon.net dan themeforest.net.

    #11. Menjadi seorang Full Time Blogger

    Prinsip bisnis para blogger yang paling populer adalah google adsense, blogger melakukan aktivitas blogging menulis hal-hal yang disukai, atau membuat panduan tentang banyak hal, atau sekedar berita terkini.

    Seorang blogger bukan cuma mendapatkan penghasilan dari adsense, banyak penyedia periklanan lain yang siap mendukung blogger untuk mendapatkan penghasilan yang tak terbatas.

    Prinsip kerja seorang blogger adalah sebagai berikut;

    Buat blog/ website = > Registrasi ke Google Adsense atau periklanan lain => Jika diterima => menampilkan iklan di blog atau website kamu = > pengunjung melakukan klik di iklan => anda mendapatkan komisi.

    Simpel sekali,,

    Kamu dituntut fokus untuk menampilkan website sebaik mungkin dan mempertahankan kualitas sehingga dapat meningkatkan trafik blog setiap harinya.

    #12. Menjadi penulis online lepas

    Istilah trennya Freelance writer atau penulis lepas

    Ini adalah pilihan bisnis online yang populer. Puluhan juta situs ada di internet, mereka semuanya pasti membutuhkan tulisan/artikel untuk mengisi website agar tetap terupdate dan mudah ditemukan oleh search engine.

    Tidak semua pemilik website memiliki keahlian dalam menulis artikel, atau tidak semua pemilik website memiliki waktu cukup untuk menulis di website tersebut karena keterbatasan waktu, ini adalah peluang para penulis online lepas.

    Untuk penulis pemula dan belum memiliki reputasi, mereka dibayar dikisaran 15 ribu per 500 kata Bahasa Indonesia atau $1,5 untuk Bahasa Inggris.

    Penulis dengan reputasi yang sudah tinggi bisa menaruh tarif sebesar $75-$100 per artikel (500-1000 kata).

    Anda berminat ?

    Silahkan mendaftar di sribulancer.com, upwork.com (internasional), dan textbroker.com (internasional).

    #13. Menjadi seorang copywriter

    Apa itu copywriter, copywriter adalah seorang yang mampu mempengaruhi pola pikir seseorang dengan tulisanya dalam konten iklan untuk membeli sesuatu. Melalui jasa seorang copywriter kemungkinan untuk menjual produk akan sangat besar.

    Tugas seorang copywriter meliputi penulisan teks dalam iklan dengan bahasa penjualan yang menarik pembaca yang akhirnya membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut.

    Menggunakan kata-kata promotif dan disertai data dan fakta dengan bahasa penjualan yang prima. Copywriter satu level lebih superior di atas content writer biasa. Seseorang bisa dikatakan seorang copywriter jika mereka sudah mampu menulis konten satu level di atas konten writer. Bisa berpenghasilan ribuan dolar dengan konten copywriter yang sudah mereka tulis.

    Saya belajar dari situs panduanim.co/copywriting.

    #14. Menjadi penerjemah online

    Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi para ahli bahasa, Jasa penerjemahan bahasa masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

    Era komunikasi global menuntut para pengusaha untuk menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai bahasa. Oleh karena itu, dokumen-dokumen seperti teks, naskah, proposal, dan lain sebagainya juga harus disampaikan dalam dua bahasa pengantar.

    Beberapa marketplace yang bisa Anda gunakan untuk mencari orang-orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa ini antarmisalnya fiverr.com, sribulancer.com, dan onehourtranslation.com.

    #15. Menjadi penerbit E-book

    Membuat tulisan digital atau ebook (electronics book), setiap tulisan yang kamu buat bisa kamu jadikan sebagai ebook dan dijual.

    Contoh situs yang menjual ebook dan kamu memiliki kesempatan bergabung dalam team adalah KDP (Kindle Direct Publishing) dari Amazon (kdp.amazon.com).

    Bisa berupa konten fiksi atau non fiksi. Sistem yang ditawarkan adalah komisi, dimana setiap penjualan, penulis buku akan mendapatkan royalti sebesar 35% atau $1.05 untuk harga tadi. Contoh penulis sukses di KDP adalah Spencer Haws dari Niche Pursuits, dengan penghasilan sebesar $1,315 (sekitar Rp15 juta) sebulan dari menjual ebook ini.

    Untuk penulis lokal, bisa mencoba peruntungan di situs nulisbuku.com.

    #16. Menjadi pembimbing online

    Mirip seperti model kursus online, bedanya pembimbing online benar-benar menyampaikan materinya dalam keadaan online. Antara guru dan murid akan terhubung dan bertatap muka melalui video call atau melalui chat. Beberapa platform yang patut dicoba untuk memulai menjual kursus online antara lain adalah udemy.com, guides.co, teachable.com.

    #17. Jasa Pembuatan Konten website/ content marketing

    Jika sebelumnya kita bicara copywriting, sekarang adalah konten marketing, bedanya jika copywriting adalah konten yang langsung mempengaruhi penjualan, konten marketing terlebih dahulu menyajikan konten-konten yang bermanfaat sebelum akhirnya melakukan penjualan dengan metode copywriting.

    Secara umum ada 3 bagian dalam conten marketing yang efektif :

    TOFU (Top of the funnel): Awareness

    MOFU (Middle of the funnel): Consideration/Evaluation

    BOFU (Bottom of the funnel): Purchase

    Sederhananya adalah konten Bagian atas, tengah, dan bawah.

    Jika seseorang akan membeli sebuah produk, maka akan melewati tiga tahapan tersebut memutuskan untuk membeli,

    Alurnya adalah ;

    Mereka sadar dengan masalahnya => lalu menimbang-nimbang pilihan yang tersedia =>Terakhir, memutuskan untuk membeli produk tersebut.

    Dari ketiga tahap tersebut baik TOFU, MOFU dan BOFU, akan memiliki konten yang berbeda dengan bahasa marketing yang berbeda.

    Ini adalah strategi psikologis dalam melakukan closing penjualan.
    sumber : http://www.jadikaryawan.com/bisnis-online-pekerjaan-sampingan-karyawan/
     
  2. OmTon

    OmTon Member

    Joined:
    Jul 11, 2017
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Gender:
    Male
    Lengkap banget ide bisnisnya. Mencoba salah satu peruntungan jadi ini saja
     
  3. TukangKayu

    TukangKayu New Member

    Joined:
    Oct 4, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Occupation:
    IT
    Location:
    Jakarta
    Saya rasa mayoritas masyarakat sih pasti menggiati bisnis online hahah gampang dan mudah. Cari rasa kepercayaan para pembeli aja yang susah atau sulit hehe
     
  4. andisw

    andisw Member

    Joined:
    Jun 14, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Menarik Gan... pilih2 dulu... semoga ada yg cocok sesuai minta dan bakat sy..
     
  5. iklanet

    iklanet Member

    Joined:
    Oct 8, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Occupation:
    marketing online
    Location:
    jakarta
    sebenarnya bisnis internet itu menjanjikan keuntungan yang sangat besar, akan tetapi banyak dari para pemula yang mudah tumbang karena kurang sabar dan belum begitu paham cara mempromosikan produk
     
  6. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Active Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Wah ijin bookmark yaa, sangat lengkap ide bisnis nya, bener banget indonesia masih 1.6 persenan, jauh diatas yg lain pengusahaanya, kebanyakan hanya ingin instan jadi PEKERJA, ga mau ciptakaan kerjaan sendiri
     
  7. Lala Synta

    Lala Synta New Member

    Joined:
    Oct 12, 2017
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Female
    Saat ini emang banyak ide buat bisnis online. Tapi masih ada peluang bisnis lain misalnya jasa kargo, atau jasa import barang cuman butuh modal gede.
     
Loading...

Rekomendasi Artikel

Share This Page